Pembelajaran tatap muka


Konsep Pembelajaran Tatap Muka
Pembelajaran tatap muka merupakan seperangkat tindakan yang dirancang untuk mendukung proses belajar peserta didik secara tatap muka, dengan memperhitungkan kejadian-kejadian eksternal yang berperanan terhadap rangkaian kejadian-kejadian eksternal yang berlangsung di dalam peserta didik yang dapat diketahui atau diprediksi selama proses tatap muka. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. 
Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik, materi pembelajaran, guru, dan lingkungan (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Glosariumbutir 15);
Dalam mengajar, metode yang sering kali digunakan adalah metode tatap muka di kelas Dalam bertaatap muka tersebut, ada lagi metode lain yang digunakan dalam proses pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi, Tanya jawab, demostrasi dan lain-lain. Dengan strategi yang berbeda pula sesuai dengan kompetensi dan kemampuan guru dalam mengajar. Secara umum terdapat strategi pembelajaran tatap muka yaitu strategi yang berpusat pada guru (teacher centre oriented) dan strategi yang berpusat pada peserta didik (student centre oriented). Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru menggunakan strategi ekspositori, sedangkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik menggunakan strategi diskoveri inkuiri (discovery inquiry).
     Pembelajaran secara klasikal atau tatap muka di kelas mempunyai kelebihan dan kekurangan (Imron, 2009; Putu, 2008). Kelebihan pembelajaran klasikal adalah sebagai berikut:
1.       Tatap muka dan komunikasi langsung dengan guru
2.       Materi dijelaskan oleh presentasi langsung guru yang bersangkutan
3.       Membantu pengembangan kecerdasan sosial
4.       Pembentukan sikap dalam pengawasan guru
5.       Penugasan terbimbing secara intensif
6.       Evaluasi pembelajaran diketahui hanya oleh siswa yang bersangkutan
7.       Keberadaan guru menjadikan proses belajar lebih terjamin
Sedangkan kekurangan pembelajaran secara tatap muka atau klasikal adalah sebagai berikut:
  1. Boros biaya operasional
  2. Memerlukan waktu khusus
  3. Penayangan gambar dan video mengurangi waktu presentasi/ceramah guru



 referensi :

You Might Also Like

0 komentar