Pembelajaran tatap muka
Konsep
Pembelajaran Tatap Muka
Pembelajaran
tatap muka merupakan seperangkat tindakan yang dirancang untuk mendukung proses
belajar peserta didik secara tatap muka, dengan memperhitungkan
kejadian-kejadian eksternal yang berperanan terhadap rangkaian
kejadian-kejadian eksternal yang berlangsung di dalam peserta didik yang dapat
diketahui atau diprediksi selama proses tatap muka. Kegiatan tatap muka adalah
kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan
pendidik.
Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa
proses interaksi antara peserta didik, materi pembelajaran, guru, dan
lingkungan (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006,
Glosariumbutir 15);
Dalam mengajar,
metode yang sering kali digunakan adalah metode tatap muka di kelas Dalam
bertaatap muka tersebut, ada lagi metode lain yang digunakan dalam proses
pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi, Tanya jawab, demostrasi dan
lain-lain. Dengan strategi yang berbeda pula sesuai dengan kompetensi dan
kemampuan guru dalam mengajar. Secara umum terdapat strategi pembelajaran tatap
muka yaitu strategi yang berpusat pada guru (teacher centre oriented)
dan strategi yang berpusat pada peserta didik (student centre oriented).
Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru menggunakan strategi
ekspositori, sedangkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
menggunakan strategi diskoveri inkuiri (discovery inquiry).
Pembelajaran secara klasikal atau tatap muka di kelas
mempunyai kelebihan dan kekurangan (Imron, 2009; Putu, 2008). Kelebihan
pembelajaran klasikal adalah sebagai berikut:
1. Tatap muka
dan komunikasi langsung dengan guru
2. Materi dijelaskan
oleh presentasi langsung guru yang bersangkutan
3. Membantu
pengembangan kecerdasan sosial
4. Pembentukan
sikap dalam pengawasan guru
5. Penugasan
terbimbing secara intensif
6. Evaluasi
pembelajaran diketahui hanya oleh siswa yang bersangkutan
7. Keberadaan
guru menjadikan proses belajar lebih terjamin
Sedangkan kekurangan pembelajaran secara tatap muka atau
klasikal adalah sebagai berikut:
- Boros
biaya operasional
- Memerlukan
waktu khusus
- Penayangan
gambar dan video mengurangi waktu presentasi/ceramah guru
0 komentar